Asal generator

Bahkan generator punya cerita! Jika Anda ingin tahu, baca artikel ini.


Generator listrik atau yang biasa kita kenal sebagai generator adalah perangkat yang dapat menghasilkan listrik dari sumber energi mekanik sebagai energi cadangan. Energi mekanik meliputi energi matahari, turbin uap, kincir angin, turbin angin atau energi manual (dengan tangan atau kaki). Generator biasanya digunakan oleh rumah tangga dan bisnis jika PLN terganggu atau tidak berfungsi.

Generator memiliki tipe atau tipe yang berbeda. Jika Anda ingin memiliki generator untuk kebutuhan rumah Anda, gunakan generator yang memiliki tipe diam. Tipe generator ini memiliki noise lambat dibandingkan dengan generator tipe terbuka. Tapi tahukah Anda bahwa asal atau sejarah generator atau generator listrik ini ditemukan?

Sejarah generator

Pada tahun 1831-1832, seorang ilmuwan Inggris bernama Michael Faraday menemukan bahwa pada akhir sebuah konduktor listrik bergerak tegak lurus terhadap medan magnet, terjadi perbedaan potensial. Berdasarkan efek ini, Michael Faraday menciptakan generator listrik pertamanya dengan cakram tembaga yang berputar di antara kutub magnet tapal kuda, dan proses ini menghasilkan arus kontinu atau kontinu yang tidak terlalu besar.

Disk Faraday dianggap tidak efisien segera setelah nama build dipanggil. Ini disebabkan oleh arus listrik yang berlawanan arah di pelat, yang tidak terpengaruh oleh medan magnet. Arus yang diinduksi langsung di bawah magnet kembali ke bagian lempeng yang berada di luar pengaruh medan magnet. Arus balik membatasi daya yang disuplai ke kabel konduktor dan menginduksi panas yang dihasilkan oleh cakram tembaga.

Generator homopolar yang dikembangkan kemudian telah memecahkan masalah ini. Dengan mengatur sejumlah magnet yang mengelilingi tepi disk, efek medan magnet yang stabil dapat dipertahankan. jual genset , bagaimanapun, adalah tegangan rendah yang dihasilkan oleh perangkat ini karena jalur arus tunggal yang mengalir melalui fluks magnet.

dinamo

Dynamo adalah pembangkit listrik pertama yang dapat menghantarkan energi atau energi ke industri, dan itu masih merupakan generator paling penting yang digunakan secara luas di abad ke-21. Prinsip elektromagnetisme digunakan oleh Dynamo untuk mengubah belitan mekanik menjadi arus bolak-balik (AC / DC).

Dinamo pertama sesuai dengan prinsip Faraday diproduksi pada tahun 1832 oleh Hippolyte Pixii, produsen perangkat dari Perancis. Instrumen ini menggunakan magnet permanen yang diputar oleh “engkol”. Magnet berputar ini diatur sedemikian rupa sehingga kutub utara dan selatan magnet melewati luka besi di kawat.

Pixii menemukan bahwa magnet berputar dan menghasilkan pulsa arus di kawat setiap kali kutub melewati koil. Selain itu, kutub utara dan selatan magnet muncul untuk menginduksi arus dalam arah yang berlawanan. Dengan menambahkan sakelar, Pixii dapat mengonversi AC ke DC.

Ini adalah kisah awal generator listrik yang biasanya ada di rumah, pabrik, atau kantor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *